PERSEBAHYANGAN HARI RAYA GALUNGAN DI PURA KERTHI BHUANA

,

Umat Hindu Bandar Lampung melaksanakan persembahyangan di Pura Kerthi Bhuana dalam perayaan Hari Raya Galungan, Rabu 5 April 2017. Sebagian besar umat memahami Hari Raya Galungan sebagai hari kemenangan kebenaran (Dharma) atas kejahatan (Adharma), dan mensyukuri atas anugrah Ida Sanghyang Widhi Wasa dengan melakukan persembahyangan.

 

Saat persembahyangan Galungan di Pura Kerthi Bhuana umat mendapat pencerahan Dharma Wacana tentang makna Hari Raya Galungan dari Bapak I Kadek Sayang,S.Ag, penyuluh Agama Hindu Lampung. Kadek Sayang menyampaikan, rangkaian hari – hari penting sebelum Galungan seperti Tumpek Wariga, Sugian Jawa, Sugian Bali dan maknanya. Ada hal yang menarik yang disampaikan mengenai godaan sang kala tiga sakti, dari tiga hari sebelum hari raya Galungan umat sebaiknya waspada, ada sang tiga Kala Sakti yang akan mengganggu kita, menggoda membuat kita mudah bersitegang /marah baik dalam urusan keluarga maupun hubungan masyarakat. Kemenangan dalam menundukkan sang Kala Tiga Sakti, pada saat Hari Raya Galungan disyukuri dengan melakukan persembahyangan.

 

Persembahyangan Hari Raya Galungan juga diikuti Ketua, sekretaris dan bendahara Majelis Adat Pekraman Provinsi Lampung. Semoga kita bisa menjaga adat budaya Bali yang telah diwariskan oleh para leluhur kita.

Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image