KAPOLDA LAMPUNG DAN DESA BALINURAGA KINI

,

Kehadiran Kapolda Lampung Irjen Pol. Drs.Sudjarno, SH, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Drs. Bonifasius Tampoi dan PJU Polda Lampung ke Desa Balinuraga Lampung Selatan disambut Ketua Majelis Adat Pekraman Provinsi Lampung AKBP Dr. I Ketut Seregig, SH, MH dan Majelis Adat Pekraman Kabupaten Lampung Selatan I Made Pasti, Ketua Parisada Kabupaten Lampung Selatan dan seluruh krama adat Balinuraga, tanggal 10 Maret 2017 yang lalu.

 

Ketika memberi sambutan Kapolda bercerita tentang Balinuraga yang diketahuinya dari media elektronik yang berita sangat memprihatinkan. Beliau membayangkan desa adat Balinuraga menjadi terpuruk akibat konflik sosial yg terjadi beberapa tahun silam. Ketika melihat secara langsung kondisi desa di Balinuraga saat ini, kembali beliau menyatakan rasa heran yang tak terhingga, melihat desa Balinuraga saat ini begitu tertata rapi, tempat sembahyangnya megah dan indah, tidak terlihat tanda-tanda bahwa di desa ini pernah terjadi konflik berdarah yang sangat mencekam bagi warga masyarakat adat Bali di Lampung.

 

Kemudian Kapolda juga bercerita tentang pengalaman beliau melihat keuletan kinerja warga adat Bali terutama dalam mengelola pertanian yang terkenal dengan sistem subaknya. Kapolda juga melihat dalam temu tokoh dan warga adat Bali di Balinuraga dihadiri oleh tokoh adat Lampung dan tokoh Paguyuban Jawa. Hal ini merupakan jawaban dari berbagai pertanyaan yg timbul dibenak bapak Kapolda, bahwa pasca konflik sosial yang terjadi di Balinuraga, warga adat Bali semakin harmonis dengan warga adat lainnya, guyub rukun dengan warga adat setempat. Inilah yang beliau inginkan, dan keamanan tercipta karena adanya hubungan yang harmonis antar warga adat yang ada di Lampung termasuk warga adat Bali.

 

Pada kesempatan tersebut warga adat Bali memberi apresiasi kepada Bapak Kapolda dan jajarannya atas situasi keamanan yang kondusif tercipta di wilayah Lampung, walaupun ada beberapa kejadian pencurian yang terjadi di wilayah Lampung Selatan, tetapi secara umum situasi keamanan kondusif, pelayanan polisi sudah semakin baik, terutama dalam pelayanan SIM. Dalam kaitan dengan pelayanan Kapolda secara langsung telah memerintahkan Dir. Lantas untuk mengoperasionalkan SIM Mobile ke wilayah Lampung Selatan khususnya untuk wilayah yang jauh. Demikian juga akan memerintahkan Babinkamtibmas untuk lebih intensif mengunjungi warga di wilayah binaannya.

 

Selesai acara temu tokoh Majelis Adat Pekraman dan Parisada Lampung Selatan, dengan rasa senang dan puas Kapolda dan rombongan meninggalkan Desa Adat Balinuraga diiringi Seni Baleganjur.

Ada 0 komentar untuk berita ini



Tinggalkan Komentar


Nama :
Email : Tidak akan diterbitkan
URL : Diawali dengan: http://
Komen :
security image